Update Terbaru, Google Play Protect Akan Memindai Aplikasi Lebih Cepat

Update Terbaru, Google Play Protect Akan Memindai Aplikasi Lebih Cepat (Shutterstock)
Update Terbaru, Google Play Protect Akan Memindai Aplikasi Lebih Cepat (Shutterstock)

Google Play Protect telah mengalami pembaruan penting untuk meningkatkan kecepatan pemindaian aplikasi.

Otoritas Android baru-baru ini mengungkapkan bahwa Google telah meluncurkan perangkat baru yang dirancang untuk memberikan perlindungan yang lebih baik kepada pengguna Android dari potensi ancaman aplikasi berbahaya.

Dengan demikian, perusahaan telah memperkuat fitur pemindaian waktu nyata untuk Play Protect, sehingga dapat mendeteksi dan melindungi pengguna saat aplikasi mencurigakan terdeteksi.

Perkembangan Terbaru dalam Google Play Protect

Situs Otoritas Android telah mengungkapkan update terbaru dalam upaya Google untuk melindungi ekosistem Android. Google Play Protect, yang bertanggung jawab atas keamanan aplikasi Android, terus berupaya melakukan penyempurnaan dengan setiap aplikasi yang terdeteksi. Dengan demikian, upaya ini bertujuan untuk memperkuat perlindungan bagi seluruh ekosistem Android.

Google Play Protect menggunakan berbagai metode analisis untuk mengidentifikasi perilaku tidak aman dalam aplikasi. Metode ini mencakup analisis statis, heuristik, dan pembelajaran mesin. Dengan kombinasi ini, Play Protect dapat mendeteksi dan menangani ancaman dengan lebih baik.

Google Play Protect Akan Memindai Aplikasi Lebih Cepat (Android)
Google Play Protect Akan Memindai Aplikasi Lebih Cepat (Android)

Pemindaian Aplikasi dalam Berbagai Situasi

Google Play Protect memiliki kemampuan untuk memeriksa aplikasi dalam berbagai situasi. Ini termasuk:

  1. Aplikasi dari Google Play: Play Protect secara otomatis memeriksa aplikasi yang diunduh dari Google Play Store. Ini memastikan bahwa aplikasi yang diunduh dari sumber resmi telah melewati pemindaian keamanan.
  2. File APK dari Sumber Eksternal: Selain itu, Play Protect juga memeriksa file APK yang diunduh dari sumber eksternal. Ini adalah langkah penting untuk melindungi pengguna dari aplikasi yang tidak terdistribusi melalui Google Play Store.
  3. Toko Aplikasi Pihak Ketiga: Pengguna yang mendapatkan aplikasi dari toko aplikasi pihak ketiga juga akan mendapat manfaat dari Play Protect. Aplikasi ini akan diperiksa untuk memastikan keamanannya.
Baca Juga:  Google Trips, Aplikasi yang Membantu Perencanaan Liburan Anda

Pemindaian Real-time dan Ototentikasi Lanjutan

Salah satu pembaruan penting adalah pengenalan pemindaian aplikasi real-time. Saat ini, pemindaian ini telah tersedia di India, dan Google berencana untuk mengimplementasikannya di negara lain dalam waktu dekat.

Ketika pengguna mencoba menginstal aplikasi, ponsel mereka akan disarankan untuk melakukan pemindaian sebelum proses instalasi dimulai. Aplikasi tersebut kemudian akan menjalani penilaian dan analisis ancaman secara real-time. Ini meningkatkan kemungkinan deteksi dan penanganan ancaman dengan lebih cepat.

Dalam masa lalu, penjahat dunia maya sering memanfaatkan kecerdasan buatan (AI) untuk mengelabui mekanisme keamanan otomatis Google.

Hal ini membuat pemindaian aplikasi menjadi kurang efektif. Dengan pembaruan terbaru, Google berusaha untuk mengatasi tantangan ini dan menjadikan Play Protect lebih andal dalam mendeteksi dan melindungi pengguna dari aplikasi jahat.

Dengan pembaruan terbaru dalam Google Play Protect, pengguna Android dapat merasa lebih aman saat menggunakan aplikasi.

Pemindaian aplikasi yang lebih cepat dan efektif, bersama dengan pemindaian real-time, membantu melindungi pengguna dari potensi ancaman aplikasi berbahaya.

Google terus berkomitmen untuk meningkatkan keamanan ekosistem Android, sehingga pengguna dapat menjelajah dunia digital dengan lebih tenang.