Google Messages Memperkenalkan Fitur Memo Suara Untuk Wear OS

Google Messages Memperkenalkan Fitur Memo Suara Untuk Wear OS (Google Messages)
Google Messages Memperkenalkan Fitur Memo Suara Untuk Wear OS (Google Messages)

Setelah melalui pengujian yang cukup lama, Google Messages akhirnya meluncurkan fasilitas memo suara untuk aplikasi Wear OS.

Sebelumnya terungkap bahwa perusahaan sedang menguji fitur memo suara untuk aplikasi Wear OS, namun kini fitur tersebut telah melewati tahap pengujian untuk mencapai tahap beta. Jadi kini pengguna Wear OS Watch mendapatkan kekuatan lebih.

Google Messages, dengan pembaruan ini, menawarkan kemampuan kepada pengguna untuk mengirim dan mendengarkan memo suara langsung dari pergelangan tangan mereka jika mereka adalah pengguna Wear OS Watch.

Kini, pengguna dapat membuka percakapan di jam tangan mereka dan mengetuk ikon mikrofon yang diapit oleh emoji dan input keyboard.

Sebelumnya pengguna harus langsung memasukkan “Voice to text”, namun kini melalui update baru ini pengguna mendapatkan opsi ‘Pesan suara’.

Sekarang, pesan suara akan menggunakan ikon bentuk gelombang baru, yang juga akan hadir di aplikasi ponsel cerdas ketika desain ulang yang lebih luas diluncurkan.

Apa yang Baru Dengan Pembaruan?

Kini, perekaman langsung dimulai dengan UI yang menampilkan cincin kemajuan sehingga pengguna dapat membawanya ke pergelangan tangan mereka. Selain itu, batas perekamannya adalah 59 detik, sehingga pengguna dapat dengan mudah merekam hingga 59 detik, serta kemampuan untuk berhenti dan mengirim.

Sekarang, pengguna dapat mendengarkan pesan suara di jam tangan mereka, namun untuk saat ini, cara yang jelas untuk menyesuaikan volume tidak muncul, dengan mahkota hanya menggulir ke atas & ke bawah utas percakapan. Google menawarkan fasilitas kepada pengguna dimana mereka tidak hanya dapat mengubah suara mereka menjadi teks tetapi juga mengirim pesan suara.

Fitur Memo Suara Versi Beta

Perusahaan meluncurkan fitur memo suara ini dengan Google Messages untuk Wear OS beta terbaru dengan nomor versi 20231010_01_RC00. Namun, fitur ini mengikuti WhatsApp, menawarkan fitur serupa sejak diluncurkan, sedangkan Google Messages akan mendapat manfaat dari Wear OS Tiles, yang menampilkan kotak masuknya atau bertindak sebagai pintasan ke percakapan.

Baca Juga:  Contoh Penemuan Teknologi Baru yang Mengakibatkan Perubahan Secara Cepat

Terlihat jelas bahwa tindakan suara ini berfungsi jika ponsel cerdas pengguna disetel ke bahasa Inggris, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, Korea, Rusia, Spanyol, atau Portugis Brasil. Sedangkan beberapa tindakan suara tidak tersedia dalam semua bahasa dan termasuk negara atau wilayah.

Akhir Kata

Dengan pengenalan fitur memo suara untuk Wear OS, Google Messages telah memberikan pengguna Wear OS Watch lebih banyak kekuatan dalam berkomunikasi.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk dengan mudah merekam pesan suara dan mengirimkannya kepada kontak mereka, menjadikan komunikasi melalui perangkat Wear OS lebih sederhana dan efisien.

Untuk pengguna yang menggunakan ponsel cerdas dalam bahasa yang didukung, fitur ini akan memberikan pengalaman yang lebih baik dalam berinteraksi melalui jam tangan mereka.

Namun, Google Messages harus terus mengembangkan fitur ini untuk membuatnya tersedia dalam lebih banyak bahasa dan wilayah, memastikan bahwa semua pengguna dapat memanfaatkannya sepenuhnya.

Jadi, jika Anda adalah pengguna Wear OS Watch, jangan ragu untuk mencoba fitur memo suara ini dan memperkaya cara Anda berkomunikasi melalui perangkat yang nyaman ini.